Saturday, May 14, 2011

Evaluasi Kinerja Pembangunan Tahun 2011


Pada hari Kamis, 12 Mei 2011, Kementerian PPN/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), mengadakan acara Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan 33 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk Melaksanakan Evaluasi Kinerja Pembangunan di 33 Provinsi Tahun 2011.
Evaluasi Kinerja Pembangunan 2011 merupakan kegiatan rutin Kementerian PPN/ Bappenas yang dikoordinasikan oleh Direktorat Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah (EKPD). Pelaksanaan evaluasi akan menitikberatkan pada penilaian pencapaian target yang telah ditetapkan dalam RPJMN di setiap provinsi. Hasil pencapaian kemudian dianalisis untuk menghasilkan rekomendasi. Rekomendasi hasil evaluasi akan menjadi bahan masukan untuk rencana pembangunan tahun yang akan datang.
Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan akan mewakili Kementerian PPN/ Bappenas dalam penandatanganan nota kesepahaman, sementara perguruan tinggi akan diwakili oleh masing-masing rektor yang berjumlah sebanyak 23 orang dan pembantu rektor sebanyak 10 orang. Acara penandatanganan nota kesepahaman ini disaksikan langsung oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas, serta dihadiri oleh Wakil Menteri PPN/ Wakil Kepala Bappenas, perwakilan Bappeda dari 33 provinsi, serta para Pejabat Eselon I Kementerian PPN/ Bappenas.
Dalam sambutannya, Menteri Kepala PPN/ Bappenas, Ibu Armida Alisjahbana, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan perguruan tinggi untuk bekerja sama dengan Kementerian PPN/ Bappenas dalam melaksanakan evaluasi pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di daerah. Beliau menyatakan bahwa EKPD memiliki nilai strategis karena hasil EKPD terdahulu telah digunakan, diantaranya, sebagai bahan masukan dalam penyusunan RPJMN 2010-2014 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP).
Oleh karena pentingnya EKPD tersebut, Ibu Menteri meminta kepada perwakilan Bappeda dari 33 provinsi untuk dapat menyukseskan pelaksanaan EKPD Tahun 2011 dengan memberikan data dan informasi yang diperlukan para evaluator.
Secara khusus, Ibu Menteri juga menyampaikan penghargaan kepada Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Diponegoro yang telah melaksanakan kegiatan evaluasi kinerja pembangunan tahun 2010 dengan sangat baik.
Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam penyebarluasan informasi ini kepada masyarakat.
Jakarta, 12 Mei 2011

No comments:

Post a Comment